Senin, 01 Mei 2017

RPP PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMP
Mata Pelajaran          :  Matematika
Kelas/Semester          :  VII / Semester Genap
Materi Pokok             :  Persegi dan Persegi Panjang
Alokasi Waktu           :  1 Pertemuan ( 1 × 3 Jam Pembelajaran )

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Menghargai dan mengahayati ajaran agama yang dianutnya

2.
2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat.
2.2.1 Siswa dapat menunjukkan perilaku ingin tahu
3.
3.6 Memahami sifat – sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
3.6.1 Memahami sifat – sifat :
a.       Persegi
b.      persegi panjang
3.6.2 Menentukan keliling persegi dengan menggunakan sifat – sifat persegi.
3.6.3 Menentukan keliling persegi panjang dengan menggunakan sifat – sifat persegi panjang.
3.6.4 Menentukan luas persegi dengan menggunakan sifat – sifat persegi.
3.6.5 Menentukan luas persegi panjang dengan menggunakan sifat – sifat persegi panjang.
4.
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat – sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang – layang
4.7.1 Menggunakan sifat – sifat persegi dalam menyelesaikan permasalahan nyata.
4.7.2 Menggunakan sifat – sifat persegi panjang dalam menyelesaikan permasalahan nyata.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui penggunaan peta konsep diharapkan, siswa dapat :
1.        Memahami sifat – sifat persegi dan persegi panjang
2.        Menentukan keliling persegi dan persegi panjang dengan menggunakan sifat – sifat persegi dan persegi panjang
3.        Menentukan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan sifat – sifat persegi dan persegi panjang.
4.        Menggunakan sifat – sifat persegi dan persegi panjang dalam menyelesaikan permasalahan nyata.

D. Materi Pembelajaran
1.      Sifat – sifat persegi dan persegi panjang.
2.      Rumus keliling dari persegi dan persegi panjang
3.      Rumus luas dari persegi dan persegi panjang

E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media : alat peraga persegi dan persegi panjang
2.      Alat/Bahan : laptop dan LCD
3.      Sumber : Buku Matematika untuk SMP kelas VII semester genap dan media online (internet)

F. Metode Pembelajaran
1.        Pendekatan Saintifik
2.        Problem Based Learning

G. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 15 Menit )
1.    Siswa diajak untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran.
2.    Guru mengecek daftar hadir siswa sekaligus berinteraksi menanyakan kabar siswanya.
3.    Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.    Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali tentang materi prasyarat bangun datar segiempat yaitu mengenai macam – macam bangun datar yang telah dipelajari sebelumnya.
5.    Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
6.    Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran.
7.    Guru menjelaskan uraian kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh siswa.
8.    Siswa masuk ke dalam kelompok yang telah ditentukan oleh guru.
Kegiatan Inti ( 90 menit )
1.    Siswa memahami perintah kerja dan pertanyaan yang diajukan dalam LKS. Melalui diskusi kelompok siswa saling membantu memberi pemahaman isi LKS. Guru memberi bantuan seperlunya dalam memahami maksud LKS pada kelompok yang mengalami kesulitan .
2.    Secara berkelompok siswa melakukan serangkaian aktivitas untuk menemukan sifat – sifat, keliling, dan luas persegi dan persegi panjang.
3.    Siswa mendiskusikan jawaban atas serangkaian pertanyaan pemandu dalam LKS. Guru memberikan bantuan seperlunya kepada siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan.
4.    Melalui diskusi dalam kelompoknya, siswa merumuskan sifat – sifat, keliling, dan luas persegi dan persegi panjang.
5.    Siswa menyelesaikan perhitungan keliling dan luas bangun datar (persegi dan persegi panjang) dengan menggunakan rumus yang diperolehnya maupun dengan menggunakan cara lainnya untuk mengkonfirmasi bahwa rumus yang diperolehnya benar.
6.    Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Siswa dari kelompok lain memberi tanggapan maupun pertanyaan kepada kelompok penyaji.
Penutup ( 15 Menit )
1.    Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang sifat, keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
2.    Melalui tanya jawab guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai sifat – sifat persegi dan persegi panjang.
3.    Melalui tanya jawab guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai cara menghitung keliling dan luas persegi panjang.
4.    Guru memberikan beberapa soal sebagai PR.
5.    Guru menyampaikan lingkup materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Guru mendorong siswa untuk mempersiapkan diri dengan cara membaca materi tersebut.

H. Penilaian
1.         Sikap
a.         Teknik Penilaian   : Pengamatan
b.        Bentuk Instrumen : Angket
c.         Pedoman Penskoran :
No.
Nama Siswa
Teliti
Rasa Ingin Tahu
1
2
3
1
2
3
1.
2.
3.
4.
5.












Keterangan :    1  =  kurang
                        2  =  baik
                        3  =  sangat baik

2.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes
                                   b.            Bentuk Instrumen: Uraian
                                   c.            Pedoman Penskoran
No.
Indikator
Soal
Kunci
Skor
1.
Menentukan keliling persegi panjang
Hitunglah keliling persegi panjang yang berukuran panjang 10 cm dan lebar 6 cm !
32 cm
10
2.
Menentukan keliling persegi
Hitunglah keliling persegi yang panjang sisinya 6 cm !
24 cm
10
3
Menentukan luas persegi panjang
Tentukan luas persegi panjang jika diketahui panjangnya 8cm dan lebarnya 9 cm !
72 cm2
10
4.
Menentukan luas persegi
Keliling sebuah persegi 28 cm. Hitunglah luas persegi tersebut !
49 cm2
10
5.
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait dengan keliling dan luas persegi panjang
Atap sebuah rumah terdiri dari dua buah bangun berbentuk persegi panjang yang masing – masing berukuran 9,2m×4,5m Jika tiap m2 atap tersebut membutuhkan 20 buah genteng, berapa banyakkah genteng yang dibutuhkan untuk menutup atap rumah tersebut?
1.656 buah
30
6.
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait dengan keliling dan luas persegi
Sebuah kebun berbentuk persegi dengan panjang sisi 9m. Jika di sekeliling kebun tersebut akan ditanami pohon pelindung dengan jarak antar pohon 1,5m, berapa batang pohon pelindung yang dibutuhkan?
24 batang
30
Jumlah
100

3.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian   : Observasi
b.        Bentuk Instrumen : Lembar Observasi



Lampiran 1
Lembar Observasi


Petunjuk:
Ø  Berdoalah sebelum mengerjakan soal
Ø  Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
Ø  Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas

Soal :
1. Keliling suatu persegi panjang 108 cm dan panjangnya 30 cm
           a. Tentukan lebar persegipanjang tersebut
b. Tentukan luas persegipanjang tersebut
2. Luas sebuah persegi 36a2 cm2. Tentukan keliling persegi tersebut.


No


Nama
Pemahaman terhadap konsep peluang teoritik
Kebenaran jawaban akhir

Proses perhitungan


4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Akmal












2
Bagus












4
Dewi












5
Farhan












6
Murti












7
Rizky












8
Tita













              Pedoman Penilaian :
Ø Pemahaman terhadap konsep peluang teoritik
·         Dikaitkan dengan konsep peluang teoritik                         ( 4 )
·         Dikaitkan dengan peluang tapi belum benar                      ( 3 )     
·         Tidak ada kaitannya dengan konsep peluang teoritik        ( 1 )
·         Tidak ada respon                                                                ( 0 )

Ø Kebenaran jawaban akhir
·         Jawaban benar                                                                    ( 4 )
·         Jawaban hampir benar                                                        ( 3 )
·         Jawaban salah                                                                     ( 1 )
·         Tidak di Jawab                                                                   ( 0 )

Ø Proses perhitungan
·         Benar seluruhnya                                                                ( 4 )
·         Sebagaian besar benar                                                         ( 3 )
·         Sebagian kecil benar                                                           ( 1 )

·         Tidak ada jawaban                                                              ( 0 )


BAGI KALIAN YANG MAU DOWNLOAD FILENYA SILAKAN KUNJUNGI LINK BERIKUT YA >>
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar