Selasa, 15 November 2016

RPP GARIS DAN SUDUT


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan       : SMP
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / semester          : VII / 1
Materi pembelajaran    : Garis dan Sudut
AlokasiWaktu : 3x 40 menit

A.    KompetensiInti
1.      Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2
2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.1.1Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.1.2 Berani presentasi di depan kelas

3
3.12 Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
3.12.1Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang
3.12.2Menjelaskan kedudukan dua garis
4
4.10Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
4.10.1Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasilnya diharapkan peserta didik dapat :
1.      Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Suka bertanya selama proses pembelajaran, baik kepada guru ataupun saling bertanya di antara teman sendiri.
3.      Berani presentasi di depan kelas.
4.      Menjelaskan posisi titik terhadap garis.
5.      Menjelaskan posisi titik terhadap bidang.
6.      Menjelaskan posisi garis terhadap bidang.
7.      Menjelaskan kedudukan dua garis menggunakan benda konkrit.
8.      Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah.

D.    MateriAjar

a.        Titik, Garis, dan Bidang
  • Titiktidak memiliki ukuran, dinotasikan dengan noktah dan penggunaannya menggunakan huruf kapital
  • Garis adalah deretan titik–titik ( bisa tak terhingga jumlahnya) yang saling bersebelahan dan memanjang kedua arah.
  • Bidang dipresentasikan oleh permukaan meja atau dinding.
  • Posisi titik terhadap garis







  • Posisi titik terhadap bidang






  • Posisi garis terhadap bidang
Garis  terletak di bidang








-          Garis terletak pada bidang

b.       Kedudukan Dua Garis
  • Dua Garis Sejajar, Dua garis dikatakan sejajar jika kedua garis terletak satu bidang dan jika diperpanjang tidak akan berpotongan.
  • Dua Garis Berpotongan, Dua garis dikatakan berpotongan jika kedua garis itu mempunyai sebuah titik potong ( titik persekutuan).
  • Dua Garis Berhimpit, Dua garis dikatakan berimpit jika kedua garis mempunyai paling sedikit dua titik potong. Misalnya jam dinding yang menunjukkan pukul 12.00 dimana jarum jamnya saling berhimpit
E.     Metode/model/pendekatanpembelajaran
Pendekatan           :  Saintifik (scientific).
Model                    :  Kooperatif
Metode                  :Pemberian tugas,diskusi kelompok dan pemecahanmasalah
F.     KegiatanPembelajaran
Konsep titik, garis dan bidang

Kegiatan

                                          Deskripsi
AlokasiWaktu
Fase-1
Menyampaikantujuandanmemotivasisiswa





















Fase-2
Menyajikaninformasi



KegiatanPendahuluan
§  Membukapelajarandengansalampembukadanberdo’a
§  Memeriksakehadiransiswasebagaisikapdisiplin
§  Menyampaikantujuanpembelajaran yang akandicapai
Apersepsi :
§  Mengajukanpertanyaan-pertanyaanuntukmengingatkansiswatentangkonseptitik,garis dan sudut.misalnya: apa pengertian garis .
Motivasi :                              
§  Memotivasisiswadengancaramenunjukkancontoh-contohaplikasidalamkehidupansehari-harisepertiberikut:

Pernahkah kalian memperhatikan Jembatan yang ada didaerah dirumah kalian? Sekarang pikirkan jembatan merupakan struktur penghubung antara dua tempat yang terpisah.misal di pisahkan oleh sungai.
Andai sisi kiri sungai sebagai titik A, sisi kanan sungai titik B, dan ruas garis AB merepresentasikan jembatan itu sendiri. Adanya ruas garis AB menjadikan dua titik A dan B terhubung.
Coba kalian lihat meja yang ada di depan kalian di permukaan meja itu disebut bidang.,
Guru mengkomunikasikantujuanbelajardanhasilbelajar yang diharapkanakandicapaisiswa
§  Guru menginformasikancarabelajar yang akanditempuh (pengamatandisertaitanyajawab, penugasandandiskusikelompok, pembahasantugassecaraklasikal, pemajanganhasiltugas)


10 menit
Fase- 3
Mengorganisasisiswakedalamkelompok-kelompokbelajar








Fase-4
Membimbingkelompokbekerjadanbelajar







Fase-5
Evaluasi
KegiatanInti
Mengamati:
§  Pesertadidikdikelompokkansecaraheterogen, masing-masingkelompokterdiridari 5 orang danmenjelaskankegiatan pembelajaran yang akan berlangsung hari ini.
§  Guru menyampaikanmateritentangkonsep titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§  SetiapkelompokdiberiLembarKerjaSiswa yang berkaitandenganmasalahsehari-hariyang berhubungan dengan titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§  Siswamembacadanmengamatipermasalahan yang diberikanpada LKS
Menanya :
§   Siswadimintauntukmenyelesaikanpermasalahandengancaranyasendiri.
Mengumpulkaninformasi
§   Siswadalamsetiapkelompokdiarahkanuntukmenyelesaikanmasalah yang diberikanmenggunakan konsep titik, garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
Mengasosiasikan:
§   Siswaberdiskusibersamakelompoknyauntukmenyelesaikanmasalahpada LKS dengancaramengubungkannyadenganpengetahuan yang telahmerekamiliki.
Mengomunikasikan :
§   Beberapasiswamenyampaikanhasildiskusikelompoknyapadakelompok lain dansiswa lain menanggapihasildiskusidarikelompok yang tampil.
§   Siswamengerjakansoalindividusebagailatihan.
60 Menit
Fase-6
Memberikanpenghargaan
Penutup
§   Siswadenganbimbingan guru, membuatkesimpulantentangkonsep titik,garis dan bidang, serta kedudukan dua garis.
§   Siswamejawabpertanyaanrefleksi.
§   Guru memberikanfeedbackataupenghargaan.
§   Siswadiberikantugasrumah (PR).
§   Guru menginformasikanmateriselanjutnya.
§   Guru mengakhiripelajarandengancaramengaitkanmateridengannilai-nilai agama dansosial.
10 menit

G.    Sumber, Media,  AlatdanBahanPembelajaran
Ø  SumberPembelajaran :
-          Kemendikbud. Edisi revisi 2014.MatematikaBukusiswakelasVII. Jakarta :
PoliteknikNegeri Media Kreatif
-          Buku penunjang matematika kelas VII yang lain
Ø  Media PembelajarandanAlat :
-          Jangka                              - Penggaris
-          Busur                                - Laptop

H.    PenilaianHasilBelajar
a.    Penilaian Spiritual                  
1.    Teknik                     : Observasi
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar pengamatan perilaku spiritual (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Bersemangatdalammengikutipembelajaranmatematika.
1





b.    PenilaianSikap Sosial
1.    Teknik                     : Observasi
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar pengamatan perilaku sosial (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
1
2.
Berani presentasi di depan kelas.
2



c.    PenilaianPengetahuan
1.    Teknik                     : Tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen   : Uraian (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Menjelaskan posisi titik, garis, dan bidang.
1,2
2.
Menjelaskan kedudukan dua garis
3,4,5





d.   PenilaianKeterampilan
1.    Teknik                     : Projek
2.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian projek (terlampir)
3.    Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
ButirInstrumen
1.
Menggunakan konsep titik, garis, dan bidang serta kedudukan dua garis dalam menyelesaikan masalah.
1












LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      PetunjukPengisian
Berdasarkanpengamatanselamakegiatanpembelajaranberlangsung, nilailahsikap spiritual setiappesertadidikdenganmemberiskor 4, 3, 2, atau 1 padaLembarObservasidenganketentuansebagaiberikut :
4   = apabilaSELALUmelakukanperilaku yang diamati
3   = apabilaSERINGmelakukanperilaku yang diamati
2   = apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1   = apabilaTIDAK PERNAHmelakukanperilaku yang diamati

B.       LembarObservasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                : .....
Semester                           : .....
TahunPelajaran                 : .....
TanggalPengamatan         : .....
ButirNilai             : Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
IndikatorSikap                 : Bersemangatdalammengikutipembelajaranmatematika

No
Nama
SkorIndikatorSikap
SkorAkhir
Keterangan
1




2




3




4




5




6
Dst..




C.      PetunjukPenentuanNilaiSikap
1.      Rumuspenghitunganskorakhir
Skormaksimal = Banyakindikator x 4
2.      Kategorinilaisikappesertadidik
SangatBaik (SB)        :
Baik (B)                     :
Cukup (C)                  :
Kurang (K)                 :



LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.      PetunjukPengisian
Berdasarkanpengamatanselamakegiatanpembelajaranberlangsung, nilailahsikap spiritual setiappesertadidikdenganmemberiskor 4, 3, 2, atau 1 padaLembarObservasidenganketentuansebagaiberikut :
4   = apabilaSELALUmelakukanperilaku yang diamati
3   = apabilaSERINGmelakukanperilaku yang diamati
2   = apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1   = apabilaTIDAK PERNAHmelakukanperilaku yang diamati

B.       LembarObservasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                : .....
Semester                           : .....
TahunPelajaran                 : .....
TanggalPengamatan         : .....
ButirNilai                        : Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
IndikatorSikap                 :
1.      Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.      Berani presentasi di depan kelas

No
Nama
SkorIndikatorSikap
JumlahSkor
SkorAkhir
Keterangan
1
2
1






2






3






4
Dst..






C.      PetunjukPenentuanNilaiSikap
3.      Rumuspenghitunganskorakhir
Skormaksimal = Banyakindikator x 4
4.      Kategorinilaisikappesertadidik
SangatBaik (SB)        :
Baik (B)                     :
Cukup (C)                  :
Kurang (K)                 :

LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN


A.      SoalUraian
Petunjuk :
Selesaikansoalberikutdenganbaikdanbenar!

1.     
A
B
 



a.       Dengan penggaris, tariklah titik A dan titik B di atas!
b.      Sebutkan titik ujung yang ada diatas ?
c.       Membentuk apakah  jika titik A bertemu dengan titik B diatas ?
2.      Tentukan posisi titik A dan B terhadap garis berikut ini!
 





3.      Perhatikan balok . Sebutkan 3 pasangan garis yang saling sejajar!    _______ dan _______ , _______ dan _______ , _______ dan _______
4.      Perhatikan balok . Sebutkan 3 pasangan garis yang saling berpotongan!
_______ dan _______ berpotongan di titik _______ ,
Balok ABCD.EFGH
_______ dan _______ berpotongan di titik _______,
_______ dan _______ berpotongan di titik _______

5.      Sebutkan benda-benda di kelasmu yang segaris dan beri nama garisnya!

B.       RubrikPenskoran

No.
Soal + Jawaban
Skor
1
A
B

a.  Dengan penggaris, tariklah titik A dan titik B di atas!
A
B
 


b. Sebutkan titik ujung yang ada diatas ?
Titik A dan titik B.
c.  Membentuk apakah  jika titik A bertemu dengan titik B diatas ?
Membentuk sebuah garis.
15
2
Tentukan posisi titik A dan B terhadap garis berikut ini!
 




Titik A terletak pada garis g.
Titik B terletak di luar garis h.

15
3
Perhatikan balok . Sebutkan 3 pasangan garis yang saling sejajar!    _______ dan _______ , _______ dan _______ , _______ dan _______

Pasangan garis yang saling sejajar! AB dan EF , AD dan EH , AE dan BF.

(Soal terbuka, jawaban siswa dapat bervariasi dalam memilih pasangan garis sejajar).
25
4
Perhatikan balok . Sebutkan 3 pasangan garis yang saling berpotongan!
AB dan BF berpotongan di titik B ,
AE dan AD berpotongan di titik A,
EF dan EH berpotongan di titik E

(Soal terbuka, jawaban siswa dapat bervariasi dalam memilih pasangan garis sejajar).
25
5
Sebutkan benda-benda di kelasmu yang segaris dan beri nama garisnya!
(Soal terbuka, jawaban siswa dapat bervariasi dalam menyebutkan benda-benda di kelas yang segaris).
20
Jumlah
100

Perhitungannilaiakhirdalamskala 0–100 ,sebagaiberikut :








LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

A.      Petunjuk :
1.      Kerjakantugasiniberpasangan.
2.      Amati benda-benda di sekitar kalian yang mengandung unsur titik, garis, bidang, garis sejajar, garis berpotongan, dan garis yang saling berhimpit. Ambil foto atau gambar sketsa benda-benda tersebut dan tunjukkan letak dari konsep-konsep yang telah kamu pelajari tentang titik, garis, bidang, serta kedudukan dua garis.
3.      Dari hasilpengamatanmu, buatlahlaporannya.
4.      Tugasdikumpulkanpadapertemuanberikutnya.

B.       RubrikPenilaianProjek
Skor
Kriteria
4
*      Tampilan foto atau sketsa sangat jelas
*      Kerjasamakelompoksangatbaik
*      Kemampuan menunjukkan letak titik, garis, bidang, dan kedudukan dua garis sangat baik
*      Kerapianpenyajiansangatbaik
3
*      Tampilan foto atau sketsa cukup baik dan terbaca
*      Kerjasamakelompokcukupbaik
*      Kemampuan menunjukkan letak titik, garis, bidang, dan kedudukan dua garis cukup baik
*      Kerapianpenyajiancukupbaik
2
*      Tampilan foto atau sketsa kurang jelas
*      Kerjasamakelompokkurangbaik
*      Kemampuan menunjukkan letak titik, garis, bidang, dan kedudukan dua garis kurang tepat
*      Kerapianpenyajiankurangbaik
1
*      Tampilan foto atau sketsa tidak jelas
*      Tidakbekerjasamadengansesamaanggotakelompok
*      Kemampuan menunjukkan letak titik, garis, bidang, dan kedudukan dua garis tidak tepat
*      Kerapianpenyajiantidakbaik
0
Tidakmelakukantugasprojek

TABEL PENILAIAN PROJEK MATEMATIKA
No
Kriteria
Kelompok
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Tampilan foto atau sketsa








2
Kerjasamadengansesamaanggotakelompok








3
Kemampuan menunjukkan letak titik, garis, bidang, dan kedudukan dua garis








4
Kerapian








JumlahSkor








Perhitungannilaiakhiraspekketerampilan, sebagaiberikut :


LEMBAR KERJA 1
TITIK, GARIS, DAN BIDANG

1.  KedudukanTitikTerhadapGarisdanTitikTerhadapBidang
Buatlahbalok !













Jika  mewakili garis , dan  mewakili garis  :
a.  Sebutkantitiksudutbalok yang terletakpadagaris !
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
b.  Sebutkantitiksudutbalok yang berada di luargaris !
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….

Jika  mewakili bidang , dan  mewakili bidang  :
c.   Sebutkantitiksudutbalok yang terletakpadabidang !
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
d.  Sebutkantitiksudutbalok yang berada di luarbidang !
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….

2.  KedudukanAntaraDuaGarisdanGarisTerhadapBidang
Perhatikanbalok  pada soal nomor 1!
a.  Sebutkanrusuk–rusukpadabalok yang  :
             i.    Berpotongandenganrusuk
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
            ii.    Berimpitdenganrusuk
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
           iii.    Sejajardenganrusuk
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

b.  Sebutkanrusukpadabalok yang :
             i.    Terletakpadabidang
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
            ii.    Sejajardenganbidang
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


LEMBAR KERJA 2
KEDUDUKAN GARIS


Dayu dan Rizky, dua remaja yang tinggal di kota Solo. Mereka berencana mengikuti kegiatan sekolah yang diadakan di Jl. Dorowati No. 17. Mereka masih tergolong orang baru di kota ini. Dayu tinggal di Jl. Slamet Riyadi, sedangkan Rizky tinggal tidak jauh dari alun-alun utara.
 



           




Dengan peta di atas :
a.       Berapa banyak rute perjalanan yang dilalui Dayu?
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________

b.      Berapa banyak rute perjalanan yang dilalui Rizky?
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________

c.       Sebutkan jalan-jalan yang saling sejajar dan saling berpotongan!
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
d.      Tuliskan ciri-ciri dua garis sejajar dan dua garis berpotongan!
__________________________________________________________________________

__________________________________________________________________________



BAGI KALIAN YANG MAU DOWNLOAD FILENYA SILAKAN KUNJUNGI LINK BERIKUT >> https://www.slideshare.net/HanifaZulfitri/rpp-garis-dan-sudut
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar