Rabu, 08 Februari 2017

RPP KTSP PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                        Sekolah                       : SMP
                        Mata Pelajaran          : Matematika
                        Kelas/semester           : VII/ Semester Genap
                        Alokasi waktu            : 1 Pertemuan ( 1 × 3 Jam Pembelajaran )


A.     Standar Kompetensi
         6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajarannya
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.

6.2.1 Memahami sifat – sifat :
a. Persegi
b. Persegi Panjang
2.
6.3   Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
6.3.1 Menghitung keliling dari bangun datar : a). persegi
  b). persegi panjang
6.3.2 Menghitung luas dari bangun datar : a). persegi
b) persegi panjang
6.3.3 Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan keliling bangun datar

C.     Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.
b.      Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya.

D.     Materi Ajar
        
a.       Mengingat segi empat.
b.      Mengidentifikasi sifat-sifat segi empat.

E.     Metode Pembelajaran

         1. Ceramah
         2. Tanya jawab
         3. Diskusi
         4. Pemberian tugas.

F.      Langkah-langkah Kegiatan

         Pertemuan Pertama    
        
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya serta mengenai sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2,   mengenai mengenal hubungan antar sudut, mengenai menjelaskan kedudukan dua garis, mengenai menggambar garis sejajar, mengenai membagi garis menjadi n sama panjang, dan mengenai menemukan sifat-sifat garis dan sudut).        
F Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya serta mengenai sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya.    
F Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penentuan panjang sisi-sisi dan besar sudut-sudut dari sebuah jajargenjang, penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah belah ketupatmengenai penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah trapesium, dan mengenai penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah layang-layang.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penamaan bangun datar berdasarkan bentuk bangun datar, pengisian sifat-sifat yang terdapat pada jajargenjang, peregi, persegi panjang, dan belah ketupat, dan penyusunan pengertian jajargenjang, peregi, persegi panjang, dan belah ketupat, mengenai pengguntingan bentuk jajargenjang, peregi, persegi panjang, dan belah ketupat yang digambar pada kertas berpetak, mengenai sifat-sifat jajargenjang, persegi, persegi panjang dan belah ketupat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya, serta mengenai sudut-sudut dalam bangun datar, mengenai penentuan sifat-sifat dari trapesium siku-siku, trapesium sama kaki, dan trapesium sembarang, dan 0 mengenai penentuan sifat-sifat dari layang-layang, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai bentuk bangun datar (segi empat, jajargenjang, layang-layang, segi enam, trapesium, belah ketupat), kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya serta mengenai sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang penerapan oprasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.

J.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber :   
            - Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs  Kelas VII Semester 2,  hal. 271-283.
         - Buku referensi lain.

Alat :
·         Laptop
·         LCD
·         OHP

               H.     Penilaian    
              
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.

§ Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi,  sudut, dan diagonalnya.

·   Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat

·   Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat


·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat

Tes Tertulis











Tes Tertulis





Tes Tertulis





Tes Tertulis



Tes Tertulis


Uraian












Uraian






Isian Singkat





Isian Singkat



Uraian
1.      Persegi merupakan belah ketupat dengan sifat khusus. Berdasarkan pernyataan tersebut, buatlah pengertian persegi.

2.      Tulislah nama bangun datar yang sesuai dengan sifat berikut. Jawaban dapat lebih dari satu.
§ Sisi yang berhadapan sama panjang.
§ Sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar.
§ Diagonal-diagonalnya membagi 2 sama panjang.
3. Buktikan bahwa


                 

                                                                                             Palembang,...............................
            Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Matematika
            Kepala Sekolah





     _______________________                                                     _______________________
     NIP.                                                                                   NIP.



BAGI KALIAN YANG MAU DOWNLOAD FILENYA BISA KOK
SILAKAN KUNJUNGI LINK BERIKUT YA >>
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar